Label

Curahan Hati (2) Opini (2) POEM (2)

Senin, 16 Januari 2012

PELANGI


Tak hanya sebias cahya yang anggun nan mempesona 
Bukan sekedar lekukan indah penuh warna

PELANGI, Sebentuk benda yang memupuk bahagia
PELANGI, Lilitan rona penyejuk jiwa

hadirmu haruslah diawali dengan redupnya langit
berjatuhannya tetesan-tetesan sejuk dari sang awan, HUJAN

wujudmu tercipta oleh bias-bias indah kilau sang MENTARI
dan membuatmu menjelma menjadi PELANGI 
penuh warna bagaikan lekuk gerbang kebahagiaan pencipta keceriaan

Itulah sekutip puisi singkat yang bercerita tentang indahnya sang PELANGI, yang memang muncul setelah datangnya hujan dan tercipta kerena adanya pantulan cahaya sang mentari. Mungkin kita sering mendengar kata-kata bermakna seperti, "tak akan tercipta pelangi yang indah tanpa hadirnya dingin hujan dan terik sang mentari", mungkin kata-katanya tak persis sama, yang penting adalah maknanya. 

Kita bisa mengandaikan PELANGI sebagai kepribadian seseorang, PELANGI yang indah mencerminkan kepribadian yang indah, yang terbentuk berkat hujan dan terik mentari yang tidak lain adalah rintangan yang harus dilalui sang pribadi tadi, singkatnya tanpa tempaan, halangan, cobaan atau apapun yang terasa berat untuk dijalani, pasti akan membawa hikmah dan akan selalu beriringan dengan hal-hal yang menyenangkan, karena kesedihan selalu beriringan dengan tawa dan kebahagiaan. 

Layaknya PELANGI yang indah yang muncul setelah hujan yang terkadang dianggap sebagian besar manusia sebagai suatu momen yang kurang menyenangkan karena terkadang hujan dianggap sebagai penyebab macet, penyebab banjir atau apalah yang banyak orang pikirkan. Mungkin hanya pernah terlintas di benak sedikit orang bahwa hujan diturunkan oleh Sang Maha Pemberi bersamaan dengan Rezeki darinya, jadi saat hujan turun berarti juga banyak rezeki yang diturunkan oleh malaikat Mikail, karena malaikat Mikail bertugas membagikan rezeki dan menurunkan hujan. 

Tidakkah kita berpikir, bahwa kita tidak sepantasnya membenci hujan, kembali lagi karena tanpa hujan tak ada PELANGI. Dan tahukah kita justru saat hujan do'a yang kita panjatkan akan lebih mudah diijabah oleh ALLAH SWT, jadi apakah lagi alasan kita untuk membanci hujan yang telah berjasa mencipta PELANGI yang indah untuk kita pandang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar